Halaman

Rabu, 22 November 2017

SOFTSKILL : MEMBUAT PROGRAM UNTUK ANAK 3 TAHUN

PACMAN



KENDALA DALAM MEMBUAT GAME PACMAN UNTUK ANAK JENJANG 3 TAHUN SAMPAI 6 TAHUN.

Hai  nama saya Yudi Kurniatama dari kelompok 1 tugas Softskill Kelas 2IA04. Di sini saya akan menceritakan tentang kendala dan keluh kesah dalam pembuatan game tersebut. Pertama tama saya akan menjelaskan tentang sejarah game pacman.

PAC-MAN 
Pac-Man adalah sebuah permainan arkade yang dikembangkan Namco dan diterbitkan Midway; dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Awalnya dirilis di arkade saja, Pac-Man yang masih populer hingga kini telah dirilis pula dalam platform lainnya seperti Game Boy dan SNES. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco.
Pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man. Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus. Secara teori, permainan dapat terus berlanjut tanpa batasan tingkat, namun tingkat ke-256 memiliki bug yang menyebabkan gambar di layar tidak beraturan dan karena itu Pac-Man tidak dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut.
Pac-Man kini dianggap sebagai salah satu permainan video klasik serta merupakan salah satu ikon tahun 1980-an. Salah satu alasan kesuksesannya adalah bentuk permainannya yang dapat digemari baik pria maupun wanita dibandingkan dengan permainan arkade lainnya sebelum Pac-Man seperti Space Invaders dan Defender yang merupakan permainan tembak-tembakan.

Itulah sejarah nya , sekarang kita masuk ke kendala pembuatan game nya yaa ...

1. Kendala dari Aplikasi untuk Mebuatnya
Jadi untuk membuat game ini saya megunakan Aplikasi GameMaker Studio 2.3.1. Software tersebut cukup memakan space, baik pada Ram dan Harddisk saya. ya memang Laptop saya harddisk nya sudah terlalu penuh karena sudah dipakai dari masa SMK. Untuk itu saya harus meng uninstall beberapa software di Lepi saya.

2. Kendala dari Waktu pembuatan
Waktu yang diberikan dosen untuk membuat memang cukup lama. Tapi karena terlalu banyak  tugas dari dosen yang lain dan kelas kami kebagian jadwal yang pulang nya rata2 jam ke-9. jadi susah sekali untuk  kumpul 1 kelompok untuk mengerjakan game ini. Lagi pula game ini memang cukup sulit membuatnya. Saya yang terbilang newbie ini , baru pertama kali membuat game seumur hidup saya. Akhir nya kita 1 kelompok menggunakan aplikasi Game Maker yang memang sudah di khusus kan untuk membuat sebuah game.

Ya paling Cuma itu saja sih keluh kesah pembuatan game ini, Kurang lebihnya mohon maaf
.
Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Pac-Man

Tidak ada komentar:

Posting Komentar