Halaman

Selasa, 29 Oktober 2019

Perkembangan Bisnis pada Bidang TIK di Indonesia (SOFTSKILL)

Perkembangan Bisnis pada Bidang TIK di Indonesia


Dengan berkembangnya teknologi, manusia akan sangat mudah mendapatkan suatu informasi khususnya kemajuan teknologi internet. Dengan adanya internet, seseorang akan lebih mudah mendapatkan suatu informasi, mempercepat aktifitas, dan memberi ruang untuk seseorang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semenjak munculnya internet, tidak dipungkiri lagi bahwa keseharian manusia tidak lepas dari pengaruh internet. Aktifitas yang dilakukan manusia pada jaman yang sudah modern ini tidak lepas dari pengaruh internet karna fungsinya sbg alat pembantu kesulitan manusia dalam pekerjaan, internet juga dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah dengan cepat dan praktis, serta memberikan hiburan tersendiri bagi si pemakainya.

Dijaman yang semakin canggih ini, teknologi internet juga menciptakan inovasi-inovasi yang cantik seperti munculnya aplikasi sosial media yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk seseorang dapat berkomunikasi dengan mudah serta membuat seseorang mempunyai relasi dengan orang lain yang semakin luas.

Pemanfaatan internet semakin terlihat ketika banyak pemakai internet yang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis, sebagai wadah seseorang mencari banyak teman diluar ruang lingkup lingkugannya sendiri dan sebagai tempat untuk seseorang dapat bertukar pikiran dalam berbagai hal. Pemanfaatan internet bisa dilihat dari  ramainya tempat warnet.

Perkembangan internet sosial media juga dapat dilihat dari munculnya banyak aplikasi sosial media yang secara luas mempunyai kesamaan fungsi. Seseorang bisa dapat langsung berkomunikasi dengan yang lainnya dengan munculnya sosial media dalam lingkungan masyarakat. Munculnya sosial media bisa dilihat dari pemakaian alat komunikasi handphone yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi seperti path, instagram, twitter, facebook, line, BBM, whatsapp, dan aplikasi-aplikasi lainnya

Munculnya sosial media mempunyai peran penting bagi kehidupan berkomunikasi antar sesama manusia. Contohnya jika seseorang menggunakan sosial media sebagai sarana peluang bisnis. kenapa banyak pebisnis memakai sosial media sebagai peluang bisnis daripada membuka toko? Jawabannya adalah dilihat dari faktor pribadi, untuk seseorang yang ingin berbisnis tanpa menggunakan modal usaha, sosial media adalah transportasi terbaik untuk menjemput para konsumen. Pembisnis tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar pegawai dan keuntungan yang diperoleh dapat langsung dipakai tanpa harus membaginya dengan karyawan yang lain. Bagi pembisnis yang tidak menyukai suasana kantor dan tidak ingin terburu-buru dengan waktu, sosial media juga menyediakan pekerjaan yang fleksibel.

Sosial media yang sering digunakan oleh pembisnis saat ini adalah instagram. instagram adalah media sosial yang mempunyai cara kerja yaitu berbagi, dan mengambil foto serta menerapkan filter-filter digital untuk memperindah hasil foto. Instagram cocok untuk mewujudkan keinginan usaha pengguna karna instagram menggunakan fitur penguplotan foto yang dimana instagramer lebih tertarik dengan tampilan visual yang berupa gambar sehingga semakin bertambahnya pengguna instagram, semakin banyak juga pengguna lain yang memanfaatkan instagram sebagai kepentingan bisnis.
Bisnis online di instagram mempunyai banyak keuntungan. Keuntungan yang didapat dalam penggunaan instagram adalah :


  1. Tidak menggunakan modal usaha
  2. Instagram menggunakan fitur gambar
  3. Penjual dapat langsung akrab dengan pembeli tanpa harus bertatap muka serta dengan banyaknya follower,penjual akan dengan cepat mendapatkan pelanggan tetap.
  4. Proses transaksi yang cepat dan mudah. Hal itu terjadi karna pembeli hanya harus membayar melalui No Rekening yang sudah dicantumkan penjual lewat status yang ada di profile instagram.
  5. Instagram sebagai alat penyampai pesan bahwa barang-barang yang di uploadadalah barang-barang import/berkualitas
  6. Akun istagram mudah dicari
  7. Jangkauan produk yang luas
  8. Tidak memerlukan pegawai
  9. Tidak mengeluarkan biaya iklan
  10. Fleksibel
  11. Tidak terlalu menguras tenaga
  12. Barang yang tidak laku dapat dipasarkan kembali dan mudah menemukan konsumen yang tertarik dengan barang tersebut
  13. Konsumen mudah diatur
  14. Keuntungan yang lebih besar

Jika dilihat keuntungan membuat akun instagram dalam berbisnis dan terpenuhinya keinginan pembeli dalam membuat akun instagram, jika dikaitkan dengan Teori Use and Gratification Teoryadalah penjual dan  pembeli menggunakan sosial media sebagai cara untuk memenuhi kebutuhannya. Use sebagai pengguna dalam mendapatkan kepuasan dan gratification sebagai kebutuhan. Instagramer membuat akun karna merasa kebutuhannya terjawab setelah membeli barang-barang yang dijual oleh para penjual di instagram. Selain itu sosial media instagram menjadi kebutuhan penjual karna dengan instgram, hasil penjualan dapat tercapai sesuai kepuasan atau harapan si penjual. Penggunaan media sosial sangat berperan aktif karna media sosial menjadi proses komunikasi antara penjual dan pembeli guna memenuhi kebutuhan masing-masing.

Bisnis.com, JAKARTA--Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) H.E. Houlin Zhao menyebut, Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat.

“Saya sangat bangga melihat pertumbuhan Indonesia yang sangat luar biasa, tumbuh dengan pesat menjadi negara nomor 2 di wilayah Asean. Negara ini memiliki tujuan dan visi yang jelas,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, pemerintah Indonesia memiliki strategi yang tepat dalam menghadapi permasalahan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Salah satunya melalui Proyek Palapa Ring dan satelit.

H.E. Houlin Zhao juga turut menyanjung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Menurutnya, saat ini banyak pelaku UMKM yang telah mengadopsi teknologi untuk pengembangan bisnis.

“Saat ini Indonesia punya banyak sekali UMKM. Anda bisa temukan pengusaha muda di mana-mana. Sangat dinamis, hi-tech. UMKM punya teknologinya, mereka paham akan pasarnya, sehingga mereka mampu untuk mengembangkan aplikasinya sendiri,” tambahnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menuturkan, isu menghubungkan masyarakat dunia masih menjadi isu utama di bidang telekomunikasi, yang turut dibahas pada Sesi Ekonomi Digital pada World Economic Forum 2018 di Davos-Klosters, Swiss, 23 Januari 2018.

“Isu di Davos minggu lalu ketika kami berdua hadir, bagaimana kita menghubungkan 3 juta lebih orang di dunia ini yang belum terkoneksi. Ini masih menjadi isu utama, how can we connect the unconnected people,” jelasnya.

Senada dengan H.E. Houlin Zhou, Menteri Rudiantara turut menekankan proyek Palapa Ring sebagai upaya menghubungkan masyarakat Indonesia.

“Indonesia memiliki program dan regulasi yang sangat jelas, bagaimana menghubungkan masyarakat kami. Proyek Palapa Ring, pada 2019 diharapkan seluruh kota/kabupaten di Indonesia akan mendapat akses broadband connectivity,” tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar